Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 9 Cara agar Hemat Budget Saat Pasang CCTV

memasang kamera CCTV
Sumber : https://www.freepik.com/free-photo/playful-cctv-webcam-ready-record-colorful-blue-pastel-studio-background-with-copy-space-ai-generative_40221451.htm


Investasi dalam sistem Closed-Circuit Television (CCTV) merupakan langkah penting untuk meningkatkan keamanan dan pengawasan. Namun, sering kali memasang kamera CCTV dapat menjadi pengeluaran besar bagi banyak bisnis dan rumah tangga, karena memasang CCTV memang tidak murah, Untuk membantu mengelola anggaran dengan lebih efisien, ada beberapa strategi hemat yang dapat diterapkan.

Memasang CCTV dan menghemat anggaran adalah dua hal yang sama-sama penting bagi sebuah perusahaan ataupun rumah tangga pribadi. Untuk mewujudkan keduanya Anda bisa melakukan pemasangan CCTV camera dengan budget yang hemat agar keamanan meningkat tanpa menghabiskan banyak budget.

Cara Hemat Budget Pasang CCTV

Pemasangan CCTV akan meningkatkan keamanan dan menghindarkan rumah atau usaha dari ancaman kejahatan. Namun sayangnya ada banyak yang masih mengabaikannya karena harganya yang mahal. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat budget pasang CCTV, seperti di bawah ini:

1. Tentukan Kebutuhan Anda

Sebelum membuat keputusan untuk memasang CCTV, Anda harus menentukan terlebih dahulu kebutuhan. Tidak semua titik di rumah atau di kantor membutuhkan pengawasan dengan menggunakan CCTV. Untuk itu Anda harus menentukan area kunci atau utama yang benar-benar butuh untuk dipasang CCTV. Hal ini tujuannya adalah untuk meminimalkan jumlah kamera CCTV yang harus dibeli. 

2. Lakukan Riset Produk secara Mendalam

Pemilihan produk pastinya akan mempengaruhi besar kecilnya budget yang harus Anda keluarkan. Oleh sebab itu Anda harus jeli dalam memilih produk, lakukan riset produk secara mendalam sebelum menentukan produk yang ingin dibeli. Dengan mengetahui perbandingan spesifikasi antara satu produk CCTV dengan produk lainnya maka Anda akan mendapatkan CCTV yang murah dan berkualitas. Cari tahu merek, model dan ulasan positif dari pengguna sebelumnya untuk mendapatkan produk terbaik.

3. Pilih Pemasangan Mandiri

Salah satu komponen biaya yang harus dibayar saat Anda memutuskan untuk memasang CCTV adalah teknisi. Anda harus membayar teknisi profesional untuk melakukan pemasangan CCTV di rumah atau tempat usaha. Namun hal ini bisa dihindari jika Anda memilih CCTV yang bisa dipasang secara mandiri. Dengan memasang dan menginstall sendiri maka Anda akan menghemat budget pengeluaran untuk pengadaan CCTV. 

4. Manfaatkan Jika Ada Promo atau Diskon

Tidak ada salahnya untuk mencari promo atau diskon guna melakukan penghematan budget saat ingin memasang CCTV. Banyak toko online maupun offline yang memberi penawaran menarik dalam bentuk promo atau diskon pada produk CCTV camera. Biasanya promo atau diskon akan ditawarkan pada waktu-waktu tertentu saja, di hari besar atau hari khusus. Untuk itu Anda harus sabar dan teliti dalam mencari diskon atau promo. 

5. Gunakan Teknologi Cloud

Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan sistem CCTV yang didukung dengan penyimpanan cloud. Mungkin biaya di awal akan terasa lebih mahal jika menggunakan teknologi penyimpanan cloud. Namun tahukah Anda jika mengambil langkah tersebut justru dapat menghemat pengeluaran jangka panjang, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan budget untuk perangkat keras untuk melakukan penyimpanan eksternal yang pengelolaannya juga tidak kalah mahalnya.

6. Bandingkan Layanan Pemasangannya

Setiap jasa pemasangan CCTV memiliki komponen biaya dan layanan yang berbeda-beda. Anda harus melihatnya secara detail dan teliti untuk memahami setiap komponen biayanya. Biaya pemasangan biasanya sangat bervariasi, jadi lakukan perbandingan beberapa penyedia layanan untuk mendapatkan jasa layanan terbaik dengan harga paling terjangkau. Untuk mempermudah proses ini Anda bisa meminta rekomendasi teman atau keluarga yang sebelumnya sudah pernah menggunakan jasa pemasangan CCTV.

7. Sesuaikan Merk dan Resolusi

Saat ini ada berbagai merk di pasaran yang menawarkan paket CCTV. Anda harus dapat menyesuaikan kebutuhan dengan merek dan resolusi kamera CCTV yang akan digunakan. Umumnya standar penggunaan CCTV di area perkantoran adalah dengan resolusi 2MP. Hal ini pastinya akan berbeda jika Anda ingin menggunakannya di area pabrik yang membutuhkan resolusi lebih tinggi.

8. Buat Rencana Jumlah Titik Kamera yang Benar

Rencanakan jumlah titik secara akurat sebelum melakukan pemasangan CCTV. Semakin besar area yang diawasi tentu saja akan semakin banyak titik yang harus dipasang CCTV. Pilih area seperti pintu masuk, ruang tamu atau area luar yang rawan. Untuk rumah biasanya membutuhkan 3 atau 4 CCTV di titik-titik yang dianggap penting untuk diawasi.

9. Beli CCTV secara Paket

Seperti pembelian barang, membeli secara paket pasti akan jauh lebih murah. Demikian juga untuk CCTV, membeli CCTV secara paket lengkap pasti akan jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli setiap bagian secara terpisah. Jadi Anda bisa mencari tempat yang menawarkan CCTV secara paket untuk menghemat budget. 

Itulah cara-cara hemat budget dalam pemasangan kamera CCTV yang bisa Anda lakukan. Pengamanan dan pengawasan adalah sebuah prioritas tapi bukan berarti Anda harus menghabiskan banyak dana. Dengan melakukan strategi yang tepat maka Anda bisa memasang CCTV tanpa harus melakukan pemborosan budget. 

Paket CCTV camera terbaik yang cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda adalah Hikvision ColorVu. Memasang paket CCTV ini memungkinkan seluruh momen terekam dalam warna yang terang. Dengan demikian keamanan dan pengawasan pada tempat usaha atau rumah akan meningkat secara signifikan. Anda tidak membutuhkan bantuan peralatan pengamanan lainnya lagi, sehingga akan menghemat budget yang Anda miliki. Dapatkan informasi selengkapnya di sini.
Caradantutorial
Caradantutorial Caradantutorial merupakan situs web yang berisi kumpulan tips, cara, dan tutorial dari berbagai kategori.

Post a Comment for "Inilah 9 Cara agar Hemat Budget Saat Pasang CCTV"